Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Apakah Fibroadenoma Mammae Berbahaya?

Fibroadenoma Mammae

Apakah Fibroadenoma Mammae Berbahaya?

Fibroadenoma mammae atau FAM, adala jenis penyakit yang menyerang payudara dimana terjadi petumbuhan tumor jinak yang ditandai dengan kemunculan benjolan. Benjolan tumor jinak ini berada pada konsistensi kenyal berbatas tegas dengan permukaan licin namun tidak berbenjol-benjol. Selain itu, Fibroadenoma mammae juga dapat bergeser (digeser) dan tidak menyebabkan rasa sakit. Itulah terkadang kondisi ini menjadi tidak terlalu diperhatikan dan dianggap serius. Fibroadenoma mammae umumnya lebih banyak ditemukan pada wanita produktif yang berusia 20-30 tahunan. Hal tersebut berkaitan dengan respon tubuh terhadap perubahan hormon estrogen.

Gejala Fibroadenoma Mammae.

  • Tidak merasakan sakit.
  • Benjolan berbentuk bundar dengan tepi tumor yang jelas.
  • Mudah digerakkan saat disentuh.
  • Benjolan terasa kenyal atau agak keras.
  • Benjolan bisa tumbuh lebih dari satu dengan beragam ukuran.

Ukuran Fibroadenoma Mammae bervariasi. Jika ukuran besar, dapat terjadi penekanan pada pembuluh darah dan saraf di sekitar sehingga menimbulkan rasa sakit.

Terdapat 2 solusi yang bisa dilakukan saat Anda menderita Fibroadenoma, yaitu dengan cara diambil (dilakukan operasi untuk pengangkatan) atau tidak diambil. Umumnya Fibroadenoma yang diambil akan berdampak pada perubahan bentuk payudara Anda, juga rasa sakit yang membuat Anda khawatir terhadap resiko dari kanker payudara nantinya. Namun jika tidak diambil, sebaiknya Anda melakukan pengecekan rutin terhadap kesehatan payudara Anda, baik secara manual ataupun dengan USG dan mammogram. Jangan sampai terlambat.

This entry was posted in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *