Apakah Makanan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala?

Sebagian masyarakat Indonesia, sepertinya sangat suka dengan citarasa makanan pedas. Terbukti dengan hadirnya beberapa makaan kekinian dengan ciri khas pedas yang terus berkembang di pasaran.

Selain itu, mengenai makanan pedas masyarakat mempercayai jika kita mengkonsumsinya saat sakit kepala / pusing, niscaya pusing akan mereda dan hilang. Benarkah hal tersebut?

Apakah Makanan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala?

Apakah Makanan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala?

Beginilah proses biologis timbulnya rasa pedas.

Makanan Indonesia memang identik dengan rasa pedas. Rasa pedas tersebut disebabkan oleh kandungan cabai yang dominan. Dan yang membuat cabai pedas, yaitu kandungan zat bernama kapsaisin untuk pertahanan diri agar tidak dimakan oleh hewan. Kapsaisin ini memiliki rasa pedas dan ternyata disukai oleh manusia untuk menambah cita rasa makanan.

Rasa pedas dari cabai ini sebenarnya dipicu oleh rangsangan zat kapsaisin pada reseptor panas yang terdapat pada lidah dan rongga mulut. Itulah mengapa rasa pedas pada cabai dapat menimbulkan sensasi terbakar di mulut. Rangsangan panas ini kemudian diteruskan melalui serabut-serabut saraf dari lidah dan rongga mulut ke otak. Sebagai respons, otak mengeluarkan zat kimia seperti adrenalin dan endorfin.

Mekanisme rasa pedas menghilangkan sakit kepala

Sudah dijelaskan jikarasa pedas menyebabkan otak menghasilkan adrenalin dan endorfin. Adrenalin adalah zat yang dihasilkan tubuh dalam keadaan waspada. Adrenalin dapat menyebabkan kinerja jantung bertambah cepat dan membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini berdampak dalam mengurangi rasa kantuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengeluarkan keringat yang banyak saat makan pedas. Hal ini juga sama seperti saat Anda berolahraga. Karena itu, banyak orang yang merasa lebih segar setelah menyantap makanan pedas, seperti setelah melakukan olahraga.

Bukan hanya adrenalin saja, dengan mengonsumsi cabai juga dapat memicu pengeluaran endorfin. Endorfin adalah zat kimia alami dalam tubuh yang dapat memicu rasa senang. Di samping itu, endorfin juga dapat bermanfaat sebagai antinyeri. Itulah sebabnya sebagian orang merasa memakan makanan pedas dapat menghilangkan rasa sakit kepala.

Jadi kesimpulannya, manfaat makanan pedas dalam mengatasi sakit kepala bukanlah mitos, karena memang terdapat penjelasan ilmiah di balik itu.

Tapi ingat, jika makanan pedas dikonsumsi terlalu banyak, makanan pedas juga dapat menimbulkan iritasi pada lambung. Selain gejala mag, mengonsumsi makanan pedas terlalu sering juga dapat menimbulkan komplikasi, seperti perdarahan lambung yang dapat mengancam nyawa. Jadi, tetap harus bijak dalam hal apapun termasuk mengkonsumsi makanan pedas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.