Bukan Hanya Benjolan, Kenali Gejala Lain Dari Kanker Payudara

Hingga saat ini, penyakit pembunuh wanita utama di Indonesia selain kanker serviks, adalah kanker payudara. Maka dari itu, pemeriksaan bagi payudara wanita dan bahkan pria harus dilakukan. Sebab, jika tidak terkontrol dalam pemeriksaan, bisa jadi Anda memiliki risiko terhadap penyakit yang satu ini.

Bukan Hanya Benjolan, Kenali Gejala Lain Dari Kanker Payudara

Anda mungkin sering mendengar jika benjolan yang muncul di payudara adalah tanda awal dari kanker payudara. Memang benar, ada kecurigaan terhadap hal tersebut. Namun, alangkah baiknya jika pemeriksaan tetap dilakukan dan tidak hanya mendiagnosis sendiri. Namun perlu Anda ketahui, jika gejala dari kanker payudara tidak hanya pada benjolan saja. Ada beberapa tanda lain yang harus diperhatikan. Diantaranya :

  • Terjadi perubahan pada warna kulit. Seperti munculnya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.
  • Perubahan pada kulit lainnya, seperti muncul kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.
  • Mengalami perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluar cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.
  • Nyeri pada payudara.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik serta wajib melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali.

Tidak semua perubahan pada payudara adalah tanda dari kanker payudara. Ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal. Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara. Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi selesai.

Namun, jika keluhan pada payudara berlanjut dan mengganggu dalam 2-3 siklus menstruasi selanjutnya, ada baiknya setiap wanita perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan oleh dokter, diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan mammografi atau ultrasonografi. (klikdokter).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.