Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil,- Kadar gula darah adalah bahan bakar didalam tubuh yang sangat dibutuhkan karena membantu dalam kerja otak, sistem saraf dan jaringan tubuh lainnya. Gula darah yang terdapat didalam tubuh, tentunya dihasilkan dari beberapa makanan yang kita konsumsi, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Kadar gula tinggi (hiperglikemia) maupun kadar gula rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Kadar gula darah harus berada dalam posisi normal agar kinerja organ-organ tubuh tetap sehat dan normal. Dan kadar gula darah normal rata-ratanya adalah sebagai berikut.

    • Gula darah 8 jam sebelum makan atau setelah bangun pagi (70 – 110 mg/dl).
    • Gula darah 2 jam setelah makan (100 – 150 mg/dl).
    • Gula darah acak (70 – 125 mg/dl).

Dan beberapa makanan berikut, adalah baik untuk menstabilkan kadar gula darah, diantaranya:

Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Oats / Gandum.

Walaupun Oats termasuk karbohidrat, namun Oats termasuk golongan karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis. Tidak hanya karbohidrat berkualitas tinggi,  Oats juga memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk kita dan juga dapat membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut dalam Oats menjaga kita untuk tetap kenyang lebih lama. Hal ini sangatlah penting bagi penderita diabetes tipe 2, yang cenderung obesitas. Pada saat berat badan berkurang, biasanya penderita diabetes dapat lebih baik menjaga kadar gula darahnya.

Brokoli, Bayam Dan Kacang Hijau

Tambahkan sayur-sayuran yang banyak dan tidak bertepung kedalam menu makanan Anda seperti Brokoli, Bayam Dan Kacang Hijau. Makanan-makanan berikut mengandung serat tinggi yang rendah karbohidrat sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes. Sebaliknya jika sayuran yang mengandung tepung seperti kentang, jagung, porsinya harus disesuaikan karena makanan-makanan berikut dapat mebuat kadar gula darah melonjak naik.

Strawberry

Beberapa penderita diabetes menjauhi strawberry karena dianggap rasanya manis. Akan tetapu dengan porsi yang tepat, buah yang satu ini tidak akan membuat kadar gula darah melonjak terlalu jauh bahkan strawberry jauh lebih  baik dari biskuit dan permen. Strawberry memiliki tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yang tinggi sehingga meninggalkan rasa kenyang lebih lama.

Salmon dan Daging Tanpa Lemak

Daging , yang tinggi kandungan protein, tidak berpengaruh banyak terhadap kadar gula darah sebagaimana karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk menu diabetes. Salmon termasuk pilihan yang baik karena mengandung Omega-3 yang sehat untuk jantung. Daging juga merupakan sumber Chromium, mineral yang membantu insulin untuk bekerja dengan benar dan membantu tubuh untuk mencerna karbohidrat.

Minuman Berkarbonasi

Jika anda mencoba untuk menghindari kebiasaan minum minuman berkadar gula tinggi atau bosan dengan minuman yang sama setiap harinya, boleh mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Minuman ini memiliki variasi rasa. Banyak dari minuman ini tidak mengandung karbohidrat atau kalori, jadi mereka tidak hanya baik untuk kadar gula darah tapi juga untuk menurunkan berat badan.

Kayu Manis

Memang sudah lama diketahui bahwa kayu manis, memiliki efek yang sama seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penerita diabetes. Studi di Jerman bahkan menemukan group yang mengkonsumsi kayu manis ekstrak 3 kali sehari selama 4 bulan dan mengalami penurunan kadar gula darah tinggi sebesar 10.3%.

Demikianlah informasi mengenai Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil yang dapat saya bagikan untuk Anda. Lebih dan kurangnya mohon dimaklumi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan ayo mulai hidup sehat dari sekarang!

Baca juga : Obat Kadar Gula Darah Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *