Manfaat Labu Siam Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Labu siam, termasuk sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia pada saat hari-hari biasa ataupun hari raya seperti Idul Fitri. Sayuran ini memiliki warna hijau dibagian luar dan hijau muda / kekuningan di bagian dalam, bercita rasa enak jika diolah menjadi beberapa macam hidangan seperti tumis labu, sayur lodeh, lontong sayur, dan terkadang dijadikan sebagai lalapan.

Manfaat Labu Siam Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Manfaat Labu Siam Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Selain enak dijadikan makanan, labu siam juga memiliki manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Diantara manfaat tersebut, antara lain :

  • Tinggi serat.

Labu siam diketahui mengandung serat yang tinggi. Diet tinggi serat dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau konstipasi dan menormalkan gerakan usus. Mengonsumsi labu siam adalah cara yang baik untuk meningkatkan konsumsi serat Anda.

Satu buah labu siam mengandung 3,5 gram serat yang menyumbang 14 persen dari nilai serat harian Anda, yaitu 25 gram. Tak hanya itu, serat juga membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol, yang kemudian dapat menyehatkan sistem kardiovaskular.

  • Mengandung berbagai vitamin.

Labu siam adalah sumber asam folat (vitamin B9) dan vitamin C. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air, yang fungsinya sangat penting untuk kesuburan wanita dan pencegahan kanker. Jika dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, risiko bayi cacat lahir bisa berkurang.

Satu buah labu siam mengandung 189 mikrogram folat untuk diet Anda, yang mencapai sekitar 50 persen dari dosis yang direkomendasikan.

Sementara itu, vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu melawan radikal bebas. Seperti yang Anda ketahui, radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Sebuah labu siam mengandung 15,6 mikrogram vitamin C, yang berarti 26 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan.

  • Menurunkan berat badan.

Sebuah labu siam hanya mengandung 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak. Kandungan air dan serat dalam labu siam yang tinggi membantu Anda tetap kenyang lebih lama tanpa banyak kalori. Anda bisa makan labu siam, misalnya labu siam yang dikukus, untuk menjaga rasa lapar dan tetap menjaga batasan asupan kalori harian Anda.

  • Mengandung mineral penting.

Mineral diperlukan dalam jumlah kecil setiap hari untuk membantu menjaga metabolisme yang baik serta sistem kekebalan tubuh dan tulang yang kuat. Labu siam mengandung zink, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.

Labu siam mengandung 1 miligram zink yang memenuhi 7 persen dari nilai harian Anda. Zink berperan dalam penyembuhan luka. Kalsium dan magnesium menjaga tulang tetap kuat, sedangkan potasium mendukung fungsi saraf dan otot.

Dari semua bagian tanaman labu siam, bagian batang dan daun juga mengandung banyak nutrisi dan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam pengobatan tekanan darah tinggi, batu ginjal, dan saluran pencernaan. (klikdokter.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.