Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Manfaat Minyak Ikan untuk Mengurangi Sakit Sendi

Sebagian besar orang dewasa mengalami hal yang satu ini, nyeri sendi. Ada beragam kondisi yang menjadi penyebab sakit sendi, diantaranya cedera, keseleo, dan asam urat.

Paling umum sakit sendi terjadi akibat penyakit Arthritis. Arthritis adalah keadaan yang menyebabkan sendi meradang. Dalam kebanyakan kasus dari sakit sendi ringan dapat ditangani sendiri di rumah. Caranya dengan minum minyak ikan. Bagaimana manfaat minyak ikan dapat mengatasi sakit sendi?

Manfaat Minyak Ikan untuk Mengurangi Sakit Sendi

Minyak ikan biasa dihasilkan dari berbagai jenis ikan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden. Minyak ikan juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena di dalamnya tinggi kandungan asam lemak omega-3. Kandungan Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan asupan omega-3 dengan memakan ikan atau minum suplemen minyak ikan.

Dalam minyak ikan terdapat dua asam lemak tak jenuh ganda, pertama asam dokosaheksanoat (DHA) dan kedua adalah ekosapentanoat (EPA). Suplemen minyak ikan biasanya memiliki sedikit kandungan Vitamin E untuk mencegah kerusakan produk. Beberapa produk minyak ikan juga dikombinasikan dengan kalsium, zat besi, atau beberapa Vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B3, C, atau D dan dikemas sebagai suplemen multivitamin. Satu suplemen minyak ikan bisanya mengandung dosis 500-1000mg EPA dan DHA.

Manfaat minyak ikan yang dapat mengobati sakit sendi.

Menurut berbagai penelitian, kandungan asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA dari suplemen minyak ikan dilaporkan mengurangi peradangan dalam tubuh. DHA dan EPA nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi resolvin, senyawa kimia antiperadangan yang memblokir aktivitas peradangan. Dengan demikian, manfaat minyak ikan sebagai obat sakit sendi dapat membantu mengurangi gejala nyeri dan bengkak yang muncul akibat arthritis.

Menurut data dari The Association of UK Dietitians, jika Anda mengonsumsi 2 porsi (1 porsi = 140 gram) ikan yang kaya omega-3 dalam seminggu baik untuk penderita sakit sendi. Omega-3 juga terdapat pada sumber lain selain ikan, yakni dari minyak sayuran, sayuran berdaun hijau gelap, serta biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Namun, terlalu banyak minyak ikan juga tidak baik.

Hal ini akan membuat darah tidak dapat membeku dan meningkatkan kemungkinan terjadi pendarahan. Efek lain jika kita terlalu banyak konsumsi minyak ikan adalah mengalami mulas, mual, ruam, bau mulut, sering bersendawa dan mimisan. Jadi, sebaiknya konsumsi secara cukup.

Baca juga :

This entry was posted in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *