Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Pengertian Dari Mastektomi Pada Kanker Payudara

Penderita kanker payudara mungkin tidak akan terlalu asing dengan Mastektomi. Tapi bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Mastektomi? Dengan senang hati akan saya bagikan informasinya untuk Anda.

Berikut adalah Pengertian Dari Mastektomi Pada Kanker Payudara.

Pengertian Dari Mastektomi Pada Kanker Payudara

— Mengenai Mastektomi terhadap penyakit Kanker Payudara.

Mastektomi sebenarnya adalah sebuah nama untuk tindakan operasi pengangkatan payudara. Namun kini Mastektomi juga bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan guna menekan risiko terjangkitnya salah satu penyakit berbahaya tersebut.

— Jenis Mastektomi.

Mastektomi adalah jenis pengangkatan payudara yang bisa dilakukan pada satu atau kedua payudara. Dulu pengangkatan ini dilakukan secara keseluruhan  atau mastektomi radikal merupakan standar tindakan untuk kanker payudara. Namun sekarang ini justru Mastektomi terbagi kedalam beberapa jenis, diantaranya :

1. Mastektomi radikal.

Mastektomi jenis ini mulai jarang dilakukan. Pasalnya tindakan ini akan mengangkat seluruh bagian payudara termasuk bagian puting. Mastektomi radikal juga mengangkat kulit bagian atas payudara, otot di bagian bawah serta kelenjar getah bening.

2. Mastektomi radikal modifikasi.

Mastektomi radikal modifikasi akan mengangkat keseluruhan bagian payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak, namun umumnya bagian otot dada tetap dipertahankan. Sementara kulit bagian atas payudara bisa ikut diangkat atau dibiarkan.

3. Mastektomi parsial.

Dalam hal ini Mastektomi parsial adalah sebuah tindakan ini akan mengangkat bagian payudara yang terkena tumor, kemudian biasanya akan dilanjutkan dengan terapi radiasi untuk membunuh dan mencegah penyebaran sel kanker. Mastektomi parsial pada umumnya dilakukan untuk penderita kanker payudara pada stadium 1 atau 2.

4. Mastektomi preventif.

Yang terakhir adalah Mastektomi preventif. Mastektomi preventif adalah sebuah tindakan yang dilakukan terutama pada wanita dengan risiko kanker payudara secara genetik tinggi. Berdasarkan penelitian, Mastektomi preventif dapat mengurangi risiko hingga 90% golongan wanita berisiko tersebut.

Tindakan tersebut dapat berupa pengangkatan payudara dan puting secara keseluruhan ataupun tetap mempertahankan keberadaan puting susu. Mastektomi preventif juga umum dilakukan pada  wanita yang menderita kanker payudara pada satu payudara, kemudian dilakukan tindakan pencegahan pada payudara lainnya.

Baca juga : Seharian Penuh Gunakan Bra Berisiko Kanker Payudara?

This entry was posted in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *