Pengobatan Kanker Payudara Dengan Terapi Hormon

Obat Kanker Payudara,- Hormon Estrogen dan Progesteron, sejatinya adalah kedua jenis hormon yang dapat merangsang pertumbuhan sel Kanker Payudara. Tidak hanya itu saja, keduanya bahkan dapat membantu pertumbuhan sel tumor menyebar dengan mudah. Akibatnya, tumor dengan mudah terbentuk pada jaringan tubuh lain.

Sebagian besar dari penderita Kanker Payudara memiliki sel kanker reseptor Estrogen positif atau estrogen receptor-positive (ER). Dalam beberapa kasus yang terjadi, seorang penderita Kanker Payudara dapat memiliki kedua reseptor tersebut.

Terapi Hormon adalah salah satu metode yang digunakan dalam Pengobatan Kanker Payudara untuk memperlambat pertumbuhan tumor pada sel yang sensitif terhadap hormon.

Pengobatan Kanker Payudara Dengan Terapi Hormon

Saat seseorang terdiagnosa menderita Kanker Payudara, dokter akan melakukan tes untuk mencari tahu penyebab timbulnya sel kanker. Jika penyebabnya berasal dari hormon, kemungkinan penanganan dokter yang akan dilakukan adalah dengan terapi hormon. Terapi hormon atau yang disebut juga sebagai terapi Endokrin, yang mana berfungsi dalam memblokir, menghalangi, atau menghilangkan hormon penyebab Kanker Payudara.

Ada 2 jenis terapi Hormon yang dilakukan pada pengobatan Kanker Payudara, diantaranya :

  • Melalui pemberian obat yang membuat hormon estrogen dan progesteron berhenti membantu pertumbuhan sel-sel kanker payudara, dan
  • Pemberian obat atau operasi untuk menghentikan ovarium memproduksi hormon.

Serupa dengan jenis pengobatan lainnya, pengobatan Kanker Payudara dengan terapi hormon juga memiliki efek samping. Biasanya pasien mengalami efek samping Keputihan, iritasi pada vagina, vagina kering, wajah terasa panas, kelelahan, mual, nyeri otot dan persendian, serta impotensi pada pasien pria.

Jika Anda memilih terapi hormon untuk pengobatan Kanker Payudara, lebih baik memperhatikan prosedur dan hal-hal terkait yang harus dilakukan karena jenis pengobatan ini belum tentu cocok untuk semua orang. Terapi hormon ini hanya cocok dilakukan untuk mengobati Kanker Payudara yang disebabkan oleh jenis sel kanker yang memiliki reseptor positif terhadap hormon. (alodokter).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *