Penyebab Anda Sering Mengantuk Di Pagi Hari

Pada umumnya orang-orang yang menglami kurang tidur, akan mengantuk saat pagi hari. Dan ini menganggu apabila mereka sekolah, bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya.

Tidur juga termasuk kebutuhan hidup, makanya setiap orang wajib memenuhi kebutuhan tidur. Pada orang deasa, biasanya mereka harus tidur 7-9 jam sehari. Jika tidur cukup dan terpenuhi, tubuh akan menjadi lebih sehat, pertumbuhan dan perkembangannya kian terjaga, suasana hati terjaga juga tidak akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Namun, berbeda saat Anda kemudian mengantuk di pagi hari akibat kurang tidur.

Penyebab Anda Sering Mengantuk Di Pagi Hari

Namun sebenarnya, jika Anda mengalami seringnya mengantuk di pagi hari namun karena kualitas tidur dirasa cukup, penyebabnya berarti bukan dari hal tersebut. Adapun, dilansir dari laman alodokter, beberapa penyebab Anda sering mengantuk di pagi hari selain karena kurang tidur, diantaranya :

1. Siklus bangun-tidur.

Dalam 24 jam, ada dua periode ketika tubuh akan merasa mengantuk secara alami, yaitu larut malam (umumnya antara tengah malam hingga 7 pagi) dan tengah hari (umumnya 13.00-16.00). Jika Anda terjaga (tidak tidur) selama jam-jam tersebut, risiko untuk merasakan kantuk akan naik, apalagi jika waktu tidur Anda tidak cukup.

2. Dehidrasi.

Penyebab ngantuk di pagi hari bisa jadi karena tubuh Anda dehidrasi, alias kurang banyak minum air. Air memastikan semua sistem dalam tubuh kita berjalan dengan lancar, berguna untuk membuang racun keluar, membuat tubuh terhidrasi, dan menjaga tingkat energi kita.

3. Minum obat.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari, misalnya obat tekanan darah tinggi, obat jantung, dan obat asma.

4. Kafein.

Kafein dalam kopi, teh, minuman ringan, atau obat-obatan bisa membuat kita sulit mengantuk dan bahkan mengganggu tidur. Kafein mengendap di dalam tubuh sekitar 3 sampai 7 jam, so, jika Anda minum kopi sampai susah tidur di malam hari, Anda pasti juga akan merasa tidur anda tidak nyenyak. Jika Anda merasa mengantuk dan masih harus bekerja, pilihlah kopi tanpa kafein agar tidak mengganggu siklus tidur alami Anda.

5. Alkohol.

Minum beralkohol dapat menyebabkan gangguan tidur di malam hari hingga menimbulkan masalah ngantuk di pagi atau siang hari. Minum minuman beralkohol, walau dalam jumlah sedikit sepanjang hari, juga bisa membuat kita jadi mengantuk. Jika sudah mengantuk, risiko kecelakaan dan masalah kinerja di tempat kerja pun akan meningkat.

6. Gangguan tidur.

Penyebab ngantuk di pagi hari bisa jadi karena Anda menderita gangguan tidur, misalnya insomnia, sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur), narkolepsi (kantuk berlebihan di siang hari walaupun sudah cukup tidur di malam hari), atau sindrom kaki gelisah (sensasi tidak menyenangkan di kaki saat tidur). Gangguan tidur ini tidak hanya mengurangi waktu tidur Anda tetapi juga dapat mengganggu kualitas tidur.

7. Menderita penyakit.

Beberapa penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari dan membuat kita merasa lelah atau lemas seharian, contohnya anemia (tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke organ dan jaringan tubuh), penyakit coeliac (tubuh menolak makanan yang mengandung gluten), sindrom kelelahan kronis, kelenjar tiroid kurang aktif atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh, diabetes, demam kelenjar, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya.

8. Stres atau depresi.

Stres atau depresi juga bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Stres dan depresi dapat menguras energi, fisik, dan emosi serta memengaruhi kehidupan sehari-hari kita.

Jika Anda seringkali merasa mata terasa berat walaupun sudah banyak tidur, disarankan untuk segera mengunjungi dokter. Hal ini dikhawatirkan penyebab ngantuk di pagi hari yang Anda rasakan bisa jadi karena hal yang lebih serius.

Baca juga : Apakah Makanan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *