Penyebab Metabolisme Tubuh Menurun

Keseimbangan antara sistem metabolisme tubuh harus tetap terjaga. Jangan sampai metabolisme kita turun, sebab akan ada banyak masalah kesehatan yang terjadi seandainya sistem metabolisme tubuh kita menurun.

Metabolisme sendiri merupakan proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Sederhananya adalah, metabolisme merupakan cara bagaimana tubuh mengolah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi. Jika metabolisme kita terganggu, penyebabnya harus segera kita cari tahu agar dapat mengatasinya.

Penyebab Metabolisme Tubuh Menurun

Menurun laman situs klikdokter disebutkan jika penyebab sistem metabolisme tubuh seseorang menurun, terjadi karena faktor-faktor dibawah ini.

  • Anda memiliki waktu tidur yang sedikit.

Waktu tidur yang terlalu sedikit pada akhirnya akan mengubah proses metabolisme tubuh menjadi tidak sesuai. Untuk meningkatkan metabolisme, orang dewasa harus cukup tidur setidaknya delapan jam sehari.

  • Jarang terpapar oleh sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi bermanfaat dan dapat membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan Vitamin D. Vitamin D berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, jika Anda jarang terpapar sinar matahari pagi, waspadalah, metabolisme tubuh Anda akan terganggu. Maka dari itu sangat disarankan untuk Anda berjemur di bawah sinar matahari pagi, setidaknya selama 30 menit. Waktu yang tepat adalah yaitu pada pukul enam sampai sembilan pagi.

  • Diet ketat.

Diet ketat atau terlalu rendah kalori akan menghambat metabolisme tubuh. Dengan diet ketat memang akan memangkas beberapa kilogram dari berat badan Anda. Akan tetapi jika metabolisme tubuh rendah, pembakaran energi yang menggunakan kalori sebagai bahan bakar juga berkurang. Alhasil, berat badan justru akan kembali naik usai diet.

  • Faktor usia.

Dan yang terakhir adalah faktor usia. Faktor ini memang tidak biosa dihindari, dan pada akhirnya akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun seiring berjalannya waktu. Seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk menghasilkan energi juga akan berkurang dan proses metabolisme tubuh melambat. Namun, pertambahan usia mutlak terjadi, alami dan tidak dapat dihindari. Namun dalam menyiasatinya, seperti menurut The Centers for Disease Control and Prevention menyarankan agar orang-orang yang berusia 65 tahun atau lebih tua untuk berolahraga aerobik intensitas sedang setiap minggu. Penguatan otot juga perlu setidaknya dilakukan dalam dua kali seminggu.

Dengan mengetahui hal-hal yang bisa menurunkan metabolisme tubuh seperti diatas, Anda sebisa mungkin harus bisa mencegah penurunannya untuk menjaga kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat, salam.

Posted by kankerpayudaraobat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *