Perlukah Antibiotik Untuk Mengobati Radang Amandel?

Banyak fakta yang mengemukakan bahwa sakit amandel, atau tepatnya radang amandel mungkin memerlukan pengobatan dari antibiotik. Dengan kebiasaan seperti ini, pasien penderita amandel yang diberikan resep antibiotik dengan sering, bisa menyebabkan resistensi antibiotik.

Perlukah Antibiotik Untuk Mengobati Radang Amandel?

Perlukah Antibiotik Untuk Mengobati Radang Amandel?

Resistensi Antibiotik, adalah keadaan di mana kuman tidak dapat lagi dibunuh dengan antibiotik. Pada saat antibiotik diberikan, sejumlah kuman akan mati. Tapi kemudian terjadi mutasi pada gen kuman sehingga ia dapat bertahan dari serangan antibiotik tersebut. Kuman yang tidak bisa bertahan dari serangan antibiotik akan mati, tapi kuman yang mengalami mutasi akan bertahan dan hidup. Kuman ini lalu membelah dengan cepat dan terbentuklah jutaan koloni kuman yang mampu melawan antibiotik tersebut. Bila nanti kumpulan kuman ini menginfeksi individu lain, maka antibiotik tersebut tak akan mampu mengatasi infeksi tersebut.

Lalu apa dampaknya jika sudah terjadi Resistensi?

Jika Resistensi antibiotik terjadi, secara langsung pasien akan semakin sedikit mendapat pilihan jenis obat-obatan yang dipakai dalam mengobati infeksinya. Dapat diambil contohnya; beberapa tahun setelah penggunaan penisilin secara massal, kuman Staphylococcus aureus merupakan salah satu yang mengalami resisten. Bakteri ini merupakan bagian dari mikroflora yang hidup di kulit manusia. Sekarang, sebagian besar Staphylococcus aureus resisten terhadap banyak antibiotik dan infeksinya menjadi lebih sulitsulit ditangani.

Jadi sudah jelas bukan? Jika pengobatan bakteri dan virus, terutama virus tidak harus selalu bergantung pada obat antibiotik. Anda harus cermat karena sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak baik. Pilihlah jenis pengobatan yang aman, efektif dan tidak memiliki dampak buruk jika dikonsumsi jangka panjang sekalipun. Salah satu obat yang bisa digunakan dalam keadaan seperti ini adalah QnC Jelly Gamat.

Baca : Obat Herbal Untuk Sembuhkan Penyakit Amandel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *