Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Saluran Tuba Falopi Tersumbat, Apa Yang Bisa Terjadi?

Saluran Falopi/Tuba falopi adalah sebuah saluran yang menghubungkan Indung Telur dengan rahim. Saluran ini berfungsi sebagai saluran bagi sel telur untuk keluar menuju rahim dan bertemu sperma. Saat saluran tuba falopi tersumbat, kondisi ini menyebabkan sperma tidak bisa masuk untuk mencapai sel telur. Tersumbatnya tuba falopi biasanya diawali dengan munculnya nyeri pada panggul saat masa subur dengan rentang waktu 12-18 hari dari hari pertama menstruasi.

Saluran Tuba Falopi Tersumbat, Apa Yang Bisa Terjadi?

Sebelum mengatasi saluran tuba falopi tersumbat, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan laparoskopi operatif, yaitu suatu prosedur pembedahan minimalis dengan memasukkan semacam alat teropong ke dalam rongga perut kemudian melakukan pembedahan untuk menghilangkan sumbatan pada saluran telur Ibu. Adanya hidrosalping menunjukkan Ibu telah lama menderita infeksi pada kedua saluran telurnya sehingga terjadi sumbatan dan penumpukan cairan di dalamnya.

Pada wanita, terdapat 2 indung telur dan 2 tuba fallopi. Jika hanya satu saluran saja yang tersumbat kehamilan mungkin masih bisa terjadi. Jika seandainya kondisi saluran tuba falopi/saluran telur tersebut sudah tidak dapat diperbaiki, maka hidrosalpingnya harus segera dibuang dan Ibu beralih ke program kehamilan dengan bayi tabung.

Jika penyembuhannya tidak optimal atau masih ada sumbatan sebagian, maka Ibu memiliki risiko tinggi mengalami kehamilan di luar kandungan. Hamil di luar kandungan adalah jenis kehamilan bukan di dalam rongga rahim tetapi dapat ada di saluran telur, indung telur, mulut rahim atau di dalam rongga perut. Kondisi ini jelas berbahaya karena kehamilan yang terjadi bukan pada tempatnya.

Tidak hanya itu, infeksi yang menyebabkan pada tersumbatnya saluran tuba biasanya dikarenakan adanya infeksi menular seksual seperti Klamidia, Gonore , Herpes, CMV dll juga mempengaruhi. Pembentukan jaringan parut karena infeksi juga menyebabkan saluran tuba tersumbat.

Gejala lainnya yang bisa menjadi ciri / tanda jika saluran tuba falopi tersumbat, diantaranya :

  • Keluar cairan abnormal dari vagina.
  • Menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman selama hubungan intim.
  • Sering buang air kecil; gejala ini dirasakan bagi mereka yang memiliki sumbatan tuba akibat adhesi atau lengket.
  • Perasaan gelisah, mual dan muntah; akibat infeksi kronik pada panggul (PID).
  • Demam dan sakit kepala serius (Infeksi).
  • Nyeri saat menstruas; akibat endometriosis.
  • Sakit perut di kedua sisi, terutama di daerah perut bagian bawah; adanya adnexitis atau hidrosalping.
  • Nyeri punggung bawah.

Gejala lainnya pada tiap individu bisa mengalami perbedaan, baik itu akut maupun kronis.

This entry was posted in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *