Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Seharian Penuh Gunakan Bra Berisiko Kanker Payudara?

Penyakit Kanker Payudara dapat menjadi hal yang menakutkan bagi wanita di semua kalangan usia. Entah karena faktor genetik, usia, dan faktor lainnya yang terkadang bisa diluar dugaan!

Di tahun 1995, sebuah buku yang dipublikasikan oleh Sydney Singer dan Soma Grismaijer yang berjudul ‘Dressed to Kill’ mengungkap jika penggunaan bra berkawat menjadi salah satu pemicu wanita terkena penyakit kanker payudara.

Seharian Penuh Gunakan Bra Berisiko Kanker Payudara?

Kedua tokoh tersebut juga menjelaskan mengenai sebuah studi yang ditinjau langsung oleh tim medis. Kemudian mereka melakukan penelitian melalui sosial media Twitter dan mewawancari lebih dari 4.000 wanita Amerika dan ditemukan fakta jika wanita yang tidak menggunakan bra memiliki 1 : 168 peluang berisiko terhadap kanker payudara. Sedangkan 3 dari 4 wanita yang menggunakan bra selama seharian penuh atau 24 jam, berpotensi memiliki kanker payudara.

Penjelasannya :

Sirkulasi cairan limfatik yang terhambat akibat pemakaian bra kawat pada akhirnya menyebabkan payudara cenderung membengkak akibat pseudosains (racun) yang terbentuk. Sebenarnya, para ilmuwan mengkritik buku ‘Dressed to Kill‘ karena tak memperhitungkan faktor risiko lainnya, seperti obesitas. Penderita obesitas cenderung memakai bra lebih lama, dibandingkan wanita dengan berat badan normal.

Studi lain dilakukan Fred Hutchinson Cancer Centre di Seattle pada tahun 2014 menemukan tidak ada aspek khusus mengenai pemakaian bra yang bersinggungan dengan faktor kanker payudara. Cancer Research UK, American Cancer Society, dan US National Institutes of Health menekankan kurangnya bukti otentik mengenai pemakaian yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Jennifer Gunter, seorang dokter ahli di bidang ginelokologi dan onkologi pun turut menyeruakan pendapatnya. Menurutnya pernyataan tersebut dinilai cukup kejam. Hal ini malah dapat menyebabkan perempuan-perempuan yang terkena kanker payudara menyalahkan dirinya sendiri karena memakai bra. Jika merasa bra kawat adalah hal yang menyakitkan bagaimanapun Anda harus memilih jenis bra yang aman dan nyaman digunakan dalam beraktifitas.

Baca juga : Mencegah Kanker Payudara Dengan Diet Mediterania

This entry was posted in Seputar Kanker Payudara. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *