Tahap-tahap Pemeriksaan Payudara Oleh Sendiri

Penyakit Kanker Payudara, seringkali memang tidak memberikan gejalanya. Padahal, dengan gejala awal, sudah pasti nantinya kita bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat sebelum penyakit semakin parah.

Tahap-tahap Pemeriksaan Payudara Oleh Sendiri

Terlebih pada wanita yang baru memasuki usia 20 tahun. Mereka harus segera melakukan cek atau tes kesehatan payudara. Namun sebelum itu, ada cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tes kesehatan payudara secara alami oleh sendiri. Bagaimana caranya?

1. Periksa saat berdiri didepan cermin.
2. Periksa saat sedang mandi.
3. Periksa saat berbaring.

Dan langkah-langkah yang dapat dilakukan, diantaranya :

1. Saat didepan cermin / kaca, lihatlah apakah ada perubahan warna kulit, permukaan kulit, bengkak, serta “lesung pipit” atau perubahan di puting susu.

2. Perhatikan bagaimana payudara Anda saat memposisikan kedua lengan disamping, kedua lengan berada di pinggang dan kemudian angkat keatas. Jika ada perubahan di satu atau kedua payudara, mungkin harus diwaspadai.

3. Periksa dengan menggunakan 3 ujung jari, yaitu jari telunjuk, jari manis dan jari tengah. lakukan pemeriksaan ke seluruh bagian payudara dengan pola melingkar mulai dari arah luar ke arah dalam. periksa bagian kedua payudara dan juga area sekitar ketiak. Periksa juga apakah terdapat benjolan, penegrasan, perubahan kekenyalan atau adanya gumpalan.

4. Lakukan pemeriksaan saar berbaring dengan memposisikan lengan dibawah kepala. Lalu, kemudian dengan lengan yang berlawanan periksalah seluruh bagian payudara dengan pola gerakan memutar dengan 3 ujung jari. Periksalah juga daerah ketiak Anda.

5. Lakukan pemeriksaan dengan menekan puting, untuk memastikan ada tidaknya cairan atau darah yang keluar.

Pemeriksaan tersebut harus dilakukan setidaknya setiap 1 bulan sekali. Jika terdapat kelainan setelah melakukan pemeriksaan ini, maka sangat kami anjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter / ahli kesehatan terkait.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *