Obat Kanker Payudara

Pengobatan Berbagai Jenis Penyakit Kanker Termasuk Kanker Payudara Tanpa Harus Kemoterapi
 

+menu-

Tanda-tanda Penyakit Kanker Payudara Stadium 1

Penyakit kanker payudara hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit, yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Kanker payudara, adalah salah satu penyakit kanker yang sudah terjadi di beberapa kasus menyebabkan penderitanya meninggal dunia karena terlambat penanganannya.

WHO sendiri memperkirakan jika pada tahun 2020 mendatang, penderita kanker payudara akan meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat yang semakin tidak peduli dengan kesehatan atau lingkungan yang mempengaruhinya. Di beberapa negara maju bahkan frekuensi kasus penyakit kanker ini relatif tinggi dan menjadi angka terbanyak dibandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Di negara kita, Indonesia penyakit kanker payudara menjadi penyakit urutan kedua (setelah kanker servisk) yang menyebabkan kematian wanita, untuk itu Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi beberapa makanan sehat untuk mencegah kanker payudara. Beberapa makanan yang dianjurkan dan dikatakan dapat mencegah Anda terhindari dari penyakit kanker payudara diantaranya adalah ikan salmon, sayur berdaun hijau, brokoli, buah delima, dan kacang brazil.

Untuk itu sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu, bagaimana dari tanda-tanda penyakit kanker payudara awal atau masih dalam tahap stadium 1.

Tanda-tanda Penyakit Kanker Payudara Stadium 1

  • Adanya benjolan di payudara.

Terdapat benjolan yang ada di dada dan jika dilihat berbeda dengan daerah sekitarnya. Dan yang paling penting untuk para wanita, benjolan tersebut tidak memberikan rasa sakit karena kanker payudara masih dalam tahap stadium 1.

  • Ukuran benjolan kanker tidak lebih dari 2 cm.

Setiap wanita dapat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi gejala awal kanker payudara seminggu setelah menstruasi, waktu seminggu setelah menstruasi sangat tepat karena pada saat itu hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Hormon estrogen dan progesteron mengontrol dan mempengaruhi besar atau kecilnya payudara. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.
    Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  • Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.
  • Menekan setiap putting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  • Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
  • Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.

Lalu bagaimana caranya mengenal ciri-ciri seorang wanita mengalami gangguan pada payudaranya ?

  • Ketika payudara dipencet, maka akan keluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau tapi juga tidak ada rasa nyeri yang timbul.
  • Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk, yaitu mengerut dengan pori-pori kulit yang agak menonjol.
  • Terdapat benjolan yang selalu ditemukan saat memeriksa di daerah sekitar payudara atau di bawah ketiak.

Penting untuk Anda ketahui : Jika ditemukan adanya gangguan atau masalah pada payudara, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa USG payudara, jika hasilnya masih meragukan maka akan dilanjutkan dengan mamografi untuk mengetahui apakah tumor jinak atau ganas. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan pada usia muda 20-30 tahun. Tapi bagi perempuan yang sudah menikah, yang mengonsumsi kontrasepsi hormonal, pakai silikon atau operasi plastik pada payudaranya, sebaiknya memberikan perhatian lebih untuk pemeriksaan tersebut.

Tanda-tanda Penyakit Kanker Payudara Stadium 1 |

This entry was posted in Artikel Kesehatan, Seputar Kanker Payudara. Bookmark the permalink.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *