Waspadai Gejala Kanker Yang Sering Terabaikan

Sudah dari sejak lama jika para dokter menasehati kita agar sejak sedini mungkin melakukan pemeriksaan jika mulai merasakan ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Namun, gejala-gejala yang ‘telihat ringan’ seperti misalnya gatal-gatal, bisa saja termasuk sinyal kecil dari tubuh terhadap kemunculan sel-sel abnormal berbahaya (sel kanker).

Waspadai Gejala Kanker Yang Sering Terabaikan

Sebelum terlambat untuk penanganannya, ada baiknya kita mewaspadai beberapa gejala kanker yang kerapkali terabaikan. Apa saja? Ini dia selengkapnya.

  • Benjolan di bawah kulit payudara.

Adanya benjolan pada payudara dapat Anda ketahui sejak dini. Misalnya, saat Anda mandi, kemudian menekan dengan lembut payudara Anda untuk mencari ada atau tidaknya benjolan yang dimaksud. Jika Anda menemukan benjolan yang janggal pada payudara Anda, segera konsultasikan dengan dokter.

  • Benjolan di mulut atau lidah.

Biasanya, benjolan berwarna putih tanda adanya kanker muncul di dalam mulut, gusi, atau tenggorokan. Benjolan tersebut kerap diacuhkan begitu saja, padahal bisa saja termasuk gejala kanker.

  • Luka yang tidak kunjung sembuh.

Jika Anda mendapati luka pada bagian tubuh tertentu yang tak kunjung sembuh, hal tersebut dapat digolongkan sebagai salah satu tanda penyakit kanker. Kebanyakan penderita kanker mengalami hal ini dan langsung mengetahui bahwa itu merupakan tanda adanya kanker dalam tubuhnya.

  • Sulit mengunyah dan kehilangan nafsu makan.

Sulit mengunyah serta kehilangan nafsu makan digolongkan menjadi tanda-tanda awal terserang kanker. Kesulitan mengunyah makanan hingga sistem pencernaan Anda mengalami gangguan tidak boleh dianggap sepele.

  • Gatal-gatal.

Tubuh akan mengkategorikan sel kanker sebagai bakteri. Hal ini juga secara otomatis menandakan saat ada bakteri masuk ke tubuh, sistem imun dalam tubuh akan melakukan perlawanan. Perlawanan yang dilakukan tidak lain adalah sistem imun dalam tubuh tersebut akan meningkatkan tekanan darah pada area timbulnya kanker, sehingga menyebabkan area tersebut panas dan terasa sangat gatal.

  • Radang usus.

Jika saat buang air besar Anda menemukan bercak darah, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala kanker darah.

  • Terjadi perubahan warna urin.

Jika urin kemudian mengalami perubahan warna, bau, bahkan mengeluarkan darah saat buang air kecil, jangan buang-buang waktu, segera periksakan ke dokter.

  • Terjadi pendarahan.

Pendarahan tanpa sebab harus segera ditangani sebab darah yang keluar dari rahim, puting payudara, atau bagian tubuh lainnya harus segera diperiksa dan diketahui apa penyebabnya.

  • Mengalami perubahan suara.

Kanker yang menyerang tenggorokan dapat dideteksi dengan perubahan nada suara Anda.

  • Batuk berdarah.

Tanpa sebab yang jelas, kemudian Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Kanker tenggorokan, paru-paru, dan perut dapat menyebabkan terjadinya batuk tanpa henti. Merasakan sakit dan sesak di dada saat batuk bahkan mengeluarkan darah. Anda harus ekstra hati-hati dan segera periksakan ke dokter.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Obat Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.