Beragam Penyebab Gusi Berdarah

Mulut, gigi dan gusi, termasuk salah satu bagian dalam tubuh yang tidak luput dari gangguan kesehatan, salah satu permasalahan di dalam mulut yang cukup umum terjadi adalah pada gusi yaitu gusi berdarah.

Beragam Penyebab Gusi Berdarah
Umumnya, penyebab dari gusi mengalami pendarahan adalah karena pengapusan plak gigi yang tidak benar, serta tidak lurus dengan garis gusi. Selain itu, ternyata gusi berdarah juga merupakan salah satu tanda bahwa di dalam mulut terjadi peradangan gusi atau lebih dikenal dalam dunia kedokterdan dengan nama Gingivitis.

Banyak orang yang mengira bahwa penyebab dari gusi berdarah adalah salah ketika menyikat gigi. Namun itu hanya sebagian kecil saja, jika ketika menyikat gigi beberapa penyebab dari gusi berdarah yang harus Anda ketahui yang sangat penting, diantaranya :

  • Plak gigi yang menumpuk.
  • Kebiasaan merokok.
  • Pola makan yang tidak baik.
  • Penyakit diabetes, serta
  • Masa kehamilan.

Namun jangan khawatir, jika gusi berdarah namun tidak terlalu sering, coba perbaiki beberapa pola hidup. Selain itu, lakukan beberapa cara dibawah ini yang dapat mengatasi gusi berdarah tanpa harus dilakukan pengobatan.

1. Jauhi kebiasaan merokok karena rokok sudah pasti dapat menyebabkan masalah kesehatan, tidak hanya gusi berdarah, yang lebih buruk bisa berakhir dengan kanker paru-paru bahkan kematian.
2. Lakukan penekanan secara langsung pada gusi berdarah dengan menggunakan kain aksa yang sebelumnya telah direndam didalam air es.
3. Pastikan cukupi kebutuhan vitamin, karena menurut dokter gusi berdarah terjadi dikarenakan tubuh kurang asupan vitamin.
4. Menghindari pemakaian obat pengencer darah (re: aspirin) kecuali bila direkomendasikan dokter.
5. Penuhi gizi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya dengan kandungan Vitamin C serta kalsium. Kalsium sangat baik dalam mencegah kerusakan gigi yang disebabkan oleh gangguan gusi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.