Pengertian Lipoma, Gejala Dan Penyebabnya

Obat Kanker Payudara,- Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai Pengertian Lipoma, Gejala Dan Penyebabnya. Apakah Anda sudah mengetahui tentang lipoma sebelumnya? Jika belum silahkan simak dalam artikel kami berikut ini.

lipoma

Pengertian Lipoma

Lipoma, mungkin nama ini cukup asing untuk Anda, namun lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Lipoma pada umumnya dijumpai di hampir semua kalangan usia. Lipoma (tumor lemak) biasanya terletak pada bagian kepala, leher, bahu, badan, ketiak, punggung, pinggul, ataupun pantat. Lipoma ini tidak bersifat berbahaya dan sangat jarang sekali menjadi tumor ganas. Lipoma bisa bergerak atau bergeser jika ditekan dengan jari secara perlahan-lahan dan terasa lunak. Ketika ditekan, lipoma biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

Karena lipoma tidak terlalu berbahaya maka tidak perlu dilakukan perawatan khusus. Namun operasi pengangkatan lipoma bisa dilakukan jika lipoma yang diderita tumbuh besar dan mulai menimbulkan rasa sakit. Sebagian pasien memiliki lebih dari satu lipoma dan umumnya orang-orang paruh baya yang lebih sering terkena lipoma.

Gejala Lipoma

Lipoma sendiri dapat diketahui dari datangnya gejala atau ciri-ciri yang dirasakan, dan berikut ini adalah beberapa gejalanya:

  • Ukuran lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.
  • Jika ditekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.
  • Lipoma terletak di bawah kulit dan biasa muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.
  • Jika lipoma tumbuh makin besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, lipoma akan terasa sakit.

Penting: Penyebab dari lipoma tidak semua berasal dari faktor genetik / keturunan. Lipoma juga bisa disebabkan oleh sindrom yang disebut hereditary multiple lipomatosis, yaitu seseorang yang mempunyai lebih dari 1 lipoma pada tubuhnya. Kegemukan tidak menyebabkan terjadinya lipoma.

Demikianlah artikel kami mengenai Pengertian Lipoma, Gejala Dan Penyebabnya yang telah kami rangkum dalam beberapa forum kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Rekomendasi : Obat Herbal Untuk Sembuhkan Lipoma (Benjolan Lemak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.